Rahasia Menjadi Manajemen Pengelola Hotel Lokal Terbaik 2022

Rahasia Menjadi Manajemen Pengelola Hotel Lokal Terbaik

May 25, 2022

manajemen pengelola hotel

Kualitas dari sebuah hotel dapat terlihat dari manajemen pengelola hotel miliknya. Pengelolaan bisnis hotel diperlukan kapabilitas dan profesionalisme yang tinggi demi menjaga kualitas pelayanan dan produk hotel. Azana Hotels & Resorts Management merupakan salah satu dari lokal chain hotel manajemen yang mempunyai tenaga ahli dengan pengalaman lebih dari 15 tahun di industri perhotelan. Selain itu, Azana Hotels & Resorts Management selalu mengupayakan peningkatan kualitas pelayanan hotel dengan menciptakan ekosistem pendidikan perhotelan demi menunjang SDM yang kompeten untuk dapat disalurkan ke hotel-hotel di seluruh Indonesia.

Azana Hotels & Resorts Management memastikan bahwa kualitas manajemen hotel tetap terjaga guna mencapai kenyamanan dan kepuasan tamu. Manajemen ini sendiri diatur oleh satu hotel operator untuk mengelola hotel dan resort yang membentuk menjadi suatu jaringan perhotelan.

Kenapa Manajemen Pengelola Hotel Itu Penting?

Manajemen hotel secara menyeluruh adalah suatu kegiatan pengoperasian hotel seperti pengelolaan karyawan, pengelolaan bisnis, pengelolaan keuangan, pemeliharaan serta kebersihan fasilitas, kepuasaan tamu serta pelayanan pelanggan, strategi penjualan, dan lain sebagainya. Peningkatan kepuasan tamu terus diupayakan oleh pihak hotel sesuai dengan arahan dari pihak manajemen hotel yang membantu pengelolaan hotel.

Azana Hotels & Resorts Management turut membentuk ekosistem lembaga pendidikan yang bernama Victoria Hotel School untuk menjaga kualitas pelayanan kepada tamu. Victoria Hotel School telah memiliki pengalaman selama 9 tahun dengan program 6 bulan, D1, dan D3. Hingga saat ini, tercatat lebih dari 1.500 mahasiswa yang siap memberikan pelayanan prima di hotel secara berkelanjutan. Lembaga pendidikan ini, bertujuan agar semua manajemen hotel yang dikelola oleh Azana Hotels & Resorts Management memiliki standar pelayanan yang sama.

Pengelolaan hotel yang maksimal akan menghasilkan pencapaian eksponensial berkat kerjasama antar tim dalam hotel dalam suatu kesinambungan sistem yang dijalankan. Hal ini dapat menjadi tolak ukur untuk perkembangan manajemen pengelola hotel. Selain itu penambahan jumlah hotel yang signifikan setiap tahunnya juga merupakan tolak ukur positif dalam tips memilih manajemen pengelolaan hotel yang berhasil.

Jika pengelolaan hotel tidak maksimal, maka dapat berakibat pada turunnya kepuasan tamu. Keberhasilan suatu hotel diukur dari kepuasaan tamu yang mengunjungi. Oleh karena itu, manajemen pengelola hotel sangatlah penting. Jika hotel stagnan dan tidak berkembang, mungkin manajemen pengelolaannya kurang maksimal.

Bagaimana Cara Sukses Manajemen Pengelola Hotel?

Pengelolaan hotel dengan efisien dan professional adalah prioritas Azana Hotels & Resorts Management untuk memenuhi kepuasan investor dan tamu. Tidak hanya berinovasi pada proses dan produk saja, namun juga model bisnis dan platform modern yang selalu mengikuti perkembangan zaman.

Terdapat beberapa jurus ampuh yang membuat Azana Hotels & Resorts Management berhasil mengelola bisnis hotel sejak tahun 2007, antara lain:

  1. Menjaga 3 dasar utama selama mengelola hotel sejak awal berdiri hingga sekarang, yaitu:
    • Memberikan pengalaman baru untuk semua tamu yang mengunjungi hotel maupun restoran.
    • Menyediakan lingkungan yang aman dan nyaman.
    • Selalu berinovasi dalam fasilitas untuk memberikan kemudahan pada pelanggan.
  2. Mengembangkan berbagai jenis konsep hotel guna memenuhi setiap kebutuhan tamu. Adapun konsep yang digunakan adalah full service hotel, budget hotel, boutique hotel, resort, hingga cabin hotel. Terbukti sampai saat ini, Azana Hotels & Resorts Management berhasil mengelola 7 brand dengan total 64 jaringan hotel yang tersebar di seluruh Indonesia.
  3. Menjalankan strategi yang efektif dan ter-update
    Azana Hotels & Resorts Management telah mengaplikasikan beberapa strategi manajemen perhotelan. Bukan hanya untuk meningkatkan kepuasan tamu, namun juga mengembangkan segmen hotel yang dikekola saat ini. Strategi ini terbilang sangat efektif dilihat dari data pertumbuhan Azana Hotels & Resorts Management yang berkembang pesat. Awal mula terbentuknya Azana Hotels & Resorts Management pada tahun 2007 hanya mengelola 2 unit hotel saja. Perkembangan pesat terhitung sejak tahun 2018, Azana Hotels & Resorts Management berhasil mengelola 38 hotel. Saat ini, Azana Hotels & Resorts Management berhasil mengelola lebih dari 60 hotel yang tersebar di seluruh Indonesia. Beberapa strategi yang dijalankan, antara lain:
    • Customer Journey Empowerment
    • Google & Social Media Branding
    • Leadership
    • SEO Activities
    • Influencer Optimization
    • Optimize Ops
    • User-Generated Content
  4. Menggunakan e-commerce dan booking engine dengan Jaminan Keamanan Jaringan (SSL) untuk memudahkan proses pemesanan kamar. Azanahotel.id merupakan booking engine pengembangan internal yang dilakukan oleh Azana Hotels & Resorts. Transaksi yang dilakukan di azanahotel.id dapat dibayarkan melalui credit card, transfer bank, dan shopeepay. Azana Hotels & Resorts berkomitmen untuk selalu memberikan update terbaru sesuai dengan perkembangan zaman saat ini.
  5. Menerapkan FREE MANAGEMENT FEE untuk investor apabila tingkat hunian kamar di bawah 40%. Management fee di Azana Hotels & Resorts Management mulai dari 3% sampai dengan 3,5% dengan incentive fee sebesar 2% sampai dengan 4%, dan gratis apabila GOP kurang dari 25%.
  6. Menerapkan FREE MANAGEMENT FEE untuk investor apabila tingkat hunian kamar di bawah 40%. Management fee di Azana Hotels & Resorts Management mulai dari 3% sampai dengan 3,5% dengan incentive fee sebesar 2% sampai dengan 4%, dan gratis apabila GOP kurang dari 25%.
  7. Melakukan kunjungan rutin ke setiap hotel dibawah Azana Hotels & Resorts Management minimal 12 kali dalam setahun untuk menjaga kualitas pelayanan hotel serta dukungan optimal terhadap hal-hal yang dibutuhkan.
  8. Mengadakan acara webinar, pelatihan dan workshop yang diikuti oleh seluruh hotel setidaknya 1 kali dalam sebulan. Selain itu, Azana Hotels & Resorts Management juga memiliki lembaga pendidikan untuk menghasilkan SDM yang berkualitas.

Hotel Yang Dikelola Oleh Azana Hotels & Resorts Management

Brand hotel-hotel yang dikelola yaitu The Azana Hotel, Azana Resort, Azana Style Hotel, Azana Essence, Front One Hotel, Votel Hotel serta beberapa hotel white label . Berikut beberapa hotel yang dikelola berdasarkan konsep yang diterapkan, antara lain:

1. The Azana Hotel Airport Semarang

manajemen pengelola hotel

Salah satu brand yang berada di bawah brand The Azana Hotel adalah Azana Hotel Airport Semarang. Hotel berbintang 4 ini menawarkan fasilitas, mulai dari kamar dengan beberapa rate, meeting room, kolam renang, restoran sampai dengan ruangan untuk acara pernikahan.

2. Front One Resort Yogyakarta

manajemen pengelola hotel front one resort yogyakarta

Salah satu hotel yang menerapkan konsep resort adalah Front One Resort di Yogyakarta. Hotel ini menargetkan tamu yang ingin mengadakan acara dalam jumlah besar, seperti family outbound, pernikahan, dan perjalanan bisnis. Fasilitas yang tersedia pun disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, seperti restoran, ruang rapat, permainan bilyar, area bermain anak, kolam renang, dan teras rooftop.

3. Manajemen Pengelola Hotel Azana Style Hotel Madura

Azana Style Hotel, Madura

Untuk brand Azana Style menawarkan kemewahan dan kenyamanan kepada tamu. Saat ini terdapat 3 unit hotel dengan brand Azana Style yang berada di Madura, Kebumen Jakarta. Hotel berbintang 4 ini menggunakan konsep Azana Style agar tamu dapat merasakan kemewahan di lokasi yang strategis, praktis, serta cocok untuk para traveller.

4. Front One Budget Malang

manajemen pengelola hotel front one budget malang

Menawarkan konsep memberikan kenyamanan dengan harga terjangkau, Azana Hotels & Resorts Management menghadirkan Front One Budget. Saat ini berada di Malang, Papua, Bekasi, dan Boyolali. Tamu cukup membayar sekitar Rp 100.000an untuk bisa mendapatkan kamar dengan pelayanan hotel yang memuaskan.

5. Votel Krakatau Boutique Hotel Semarang

jaringan hotel di Indonesia Votel Hotel

Dengan lokasinya yang strategis, Votel Hotel tersebar di seluruh Indonesia untuk melayani para traveller saat liburan. Salah satunya adalah Votel Krakatau Boutique Hotel Semarang juga menyediakan fasilitas shuttle untuk transportasi ke bandara dengan tambahan biaya yang terjangkau.

6. Braling Grand Hotel by Azana

manajemen pengelola hotel braling grand hotel by azana

Azana Hotels & Resorts Management juga mengelola white label brand, salah satunya adalah Braling Grand Hotel by Azana. Jika Anda menjalankan bisnis hotel namun masih merasa kurang optimal, Azana Hotels & Resorts Management dapat membantu Anda mengelola hotel tersebut. Anda dapat meningkatkan pertumbuhan hotel dan berkembang lebih baik bersama Azana Hotels & Resorts Management.

7. Manajemen Pengelola Hotel Azana Essence

jaringan hotel di Indonesia Azana-Essence

Azana Essence adalah konsep baru yang sedang dijalankan oleh Azana Hotels & Resorts Management dengan menerapkan konsep glamping rasa hotel melalui eksplorasi ketenangan dan spirit Nature-Eco-Wellness-Adventure. Dengan konsep sebesar ini, Anda hanya perlu biaya investasi yang efisien.

BACA JUGA:

7 Jaringan Hotel Lokal Terbaik di Indonesia
16 Tips Dapat Diskon Hotel Dengan Harga Termurah
Promo Hotel di Bulan Ramadhan 2022, Mulai dari Rp 200.000

Sejak 2007, berbagai inovasi yang dilakukan oleh Azana Hotels & Resorts Management dibentuk berdasarkan kebutuhan hotel saat ini demi mencapai growth exponential dalam industry perhotelan. Tertarik bergabung bersama dengan Azana Hotels & Resort Management? Untuk info lebih lanjut terkait dengan kerjasama dengan Azana Hotels & Resorts Management bisa segera hubungi Agus Haryanto melalui nomor 0878 3628 0800 atau bisa mengirimkan email ke agus.haryanto@azanahotel.com . Anda juga bisa untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dengan mengunjungi situs Azana

Latest Posts

Mostbet’te Kayıt Ve Giriş Sürec

Mostbet'te Kayıt Ve Giriş SüreciMostbet Türkiye Çevrimiçi Kumarhane Mostbet CasinoContentMostbet Uygulaması Hangi Ödeme Şekillerini Destekliyor? 🎁 Mostbet Additional Bonuses In TurkeyMostbet Bahis Şirketinin FaydalarıMobile CompatibilityMostbet Oyun TürleriMostbet’te...