Sering Dilupakan! Mengenal Lebih Jauh Housekeeping - Azana Hotels & Resorts education

Sering Dilupakan! Mengenal Lebih Jauh Housekeeping

August 30, 2023

Sering dilupakan! kenali lebih jauh housekeeping

Bagi para pelancong yang sering menginap di hotel, istilah “housekeeping” tentu sudah menjadi hal yang tidak asing. Housekeeping merupakan salah satu layanan pokok yang ada di hampir setiap hotel. Istilah ini selalu dikaitkan dengan kerapihan dan keramahan. Sering kali digambarkan dengan staf yang memakai pakaian rapi dan murah senyum.

Tak dapat disangkal bahwa housekeeping merupakan aspek yang sangat penting dalam industri perhotelan. Kebersihan, kenyamanan, dan kerapihan yang dijaga oleh layanan housekeeping berkontribusi besar terhadap pengalaman positif para tamu hotel. Dengan rutinitas perawatan kamar dan fasilitas, housekeeping menciptakan lingkungan yang menyenangkan dan memastikan bahwa setiap tamu merasa dihargai selama masa menginap mereka.

Namun, meskipun memiliki peran penting, seringkali mereka jarang mendapatkan sorotan yang layak di depan. Bahkan memberikan kesan “dilupakan”. Lalu sebenarnya apasih yang dimaksud dengan housekeeping, serta mengapa perannya begitu krusial? Mari kita kenali lebih jauh!

Apa Itu Housekeeping

Istilah “housekeeping” sebenarnya berasal dari penggabungan dua kata, yaitu “house” yang berarti rumah, dan “keeping” yang berarti pemeliharaan. Secara harfiah, istilah ini dapat diartikan sebagai pemeliharaan rumah. Istilah alternatif yang sering digunakan untuk merujuk pada konsep ini adalah “tata graha”.

Di industri perhotelan, terdapat istilah yang dikenal dengan “housekeeping department.” Departemen ini memiliki tanggung jawab yang sangat penting, yakni mengurusi aspek kebersihan, kerapian, kelengkapan, serta keamanan di seluruh bagian hotel, termasuk kamar-kamar tamu dan seluruh area lainnya.

Dalam konteks ini, Housekeeping Department berfokus pada memberikan mutu pelayanan yang optimal kepada para tamu yang menginap di hotel tersebut. Para profesional yang berperan melaksanakan tugas-tugas departemen ini dikenal dengan sebutan “housekeeper.”

Tugas Housekeeping Departement

Tugas department ini tidak hanya sebatas kamar-kamar tamu. Mereka juga menjadi “pencipta keajaiban” di seluruh area umum hotel. Lobi yang menyegarkan, koridor yang terjaga bersih, dan meja restoran yang siap menyambut tamu untuk sarapan pagi. Setiap ruang dikelola dengan cermat, menciptakan suasana yang mengundang.

Tidak hanya sekadar membersihkan, housekeeping juga berperan dalam menjaga keamanan dan kesehatan. Saat situasi pandemi yang lalu misalnya. Housekeeper bertindak sebagai garda terdepan dalam memastikan protokol sanitasi ketat yang diterapkan dengan seksama. Mereka memastikan bahwa setiap kamar dan area umum bebas dari potensi risiko. Tidak jarang, housekeeper juga berperan sebagai penyelamat bagi permintaan khusus tamu. Bantal tambahan, perlengkapan bayi, atau kebutuhan khusus lainnya, semuanya diatur dengan sigap untuk memenuhi harapan tamu.

Dengan keahlian multitasking mereka, housekeeper tidak hanya menjaga agar kamar tetap rapi dan bersih, tetapi juga menjadi penyelamat bagi segala permintaan khusus tamu. Ketika tamu memerlukan bantal tambahan untuk kenyamanan tidur ekstra, tanpa ragu mereka akan segera menyediakannya. Tidak hanya itu, mereka juga tanggap terhadap kebutuhan bayi, dengan sigap menyediakan perlengkapan bayi yang diperlukan agar pengalaman menginap keluarga menjadi lebih lancar.

Ketekunan dalam menjalankan tugas-tugas ini tidak hanya terbatas pada materi, tetapi juga dalam mendengarkan harapan-harapan tamu. Baik itu kebutuhan diet khusus, preferensi pembersihan tertentu, atau permintaan unik lainnya, housekeeper siap untuk mengakomodasi dengan penuh perhatian dan profesionalisme

Jarang Mendapat Sorotan

Housekeeping jarang mendapatkan sorotan meskipun perannya sangat penting
Housekeeper sering kali jarang mendapat sorotan

Di sisi lain, meskipun terkadang tidak mendapatkan sorotan, Housekeeping Department adalah pilar utama dalam menciptakan pengalaman menginap yang tak terlupakan. Dengan setiap langkah teliti mereka, mereka membantu menjaga reputasi hotel dan memberikan kesan yang menghangatkan hati bagi setiap tamu yang melewati pintu hotel.

Mereka tidak hanya sekadar menjalankan tugas rutin mereka, tetapi juga menjadi bagian tak terpisahkan dari pengalaman menginap tamu di hotel atau akomodasi lainnya. Sigap, tanggap, dan ramah, housekeeper membantu menciptakan suasana yang menyenangkan dan tak terlupakan bagi setiap tamu yang datang. Mereka memastikan bahwa setiap permintaan khusus dipenuhi dengan cermat dan kepuasan tamu tetap menjadi prioritas utama

Dengan setiap sikap teliti dan sentuhan yang penuh perhatian, Housekeeping Department adalah pencerita tak terdengar yang berperan penting dalam setiap babak petualangan menginap para tamu hotel. Dari kesan pertama hingga kenangan terakhir, tugas-tugas mereka menjadi fondasi yang kuat dalam menciptakan pengalaman luar biasa yang terukir dalam ingatan setiap tamu.

Di setiap unitnya, Azana selalu menjadikan kualitas housekeeping sebagai prioritas utama. Azana dengan tegas mengakui pentingnya peran housekeeping sebagai pionir dalam menjaga keunggulan hotel. Kami juga menjadikan housekeeping sebagai aset berharga dalam menjaga keunggulan hotel. Dengan demikian, mereka tidak hanya merawat kamar-kamar, tetapi juga menciptakan kenangan tak terlupakan bagi setiap tamu yang menginap.

Baca juga:

Bosan Saat di Hotel? Inidia Rekomendasi Lagu Penambah Mood Kamu Saat Staycation

Mau Liburan? Staycation Aja Dengan 5 Tips Healing di Hotel Ini

Mau Staycation Romantis? Berikut 5 Rekomendasi Makanan dan Minuman untuk Temani Liburan Bareng Pacar

Latest Posts

4 Tempat Wisata Terbaik di Tulungagung

Kota Tulungagung yang berada di provinsi Jawa Timur memiliki anda yang ingin mengunjungi kota Tulungagung , terdapat beberapa destinasi wisata yang dapat dikunjungi dengan berbagai objek yang menarik. Berikut 4 wisata menarik di Tulungagung: Pantai Gemah Foto:...