Hotel Operator di Indonesia Dengan Pelayanan Terbaik [Terupdate]

Hotel Operator di Indonesia Dengan Pelayanan Terbaik

December 22, 2021

hotel operator di Indonesia
Blog » Hotel Operator di Indonesia Dengan Pelayanan Terbaik [Terupdate]

Saat ini bisnis hotel semakin kompetitif terutama sejak awal pandemi. Bisnis hotel sempat mendapatkan tantangan yang cukup besar, sampai pada akhirnya lahirlah tren hotel dengan biaya ekonomis dan strategi marketing menarik lainnya. Salah satu contoh hotel yang selalu berinovasi adalah The Azana Hotels & Resorts. Hotel yang terkenal sebagai salah satu hotel operator terbesar di Indonesia.

Ada banyak hotel yang dikelola oleh The Azana Hotels & Resorts, oleh karena itu bagi Anda yang pernah mendengar nama The Azana Hotel, harus tau brand apa saja yang berada di bawah naungannya karena akan selalu ada inovasi baru yang diberikan. Yuk sama-sama mengenal The Azana Hotels & Resorts.

Pengertian Hotel Operator

Sebelum mengenal The Azana Hotels & Resorts, ada baiknya Anda memahami apa yang dimaksud dengan hotel operator terlebih dahulu. Mungkin masih banyak yang belum menyadari kalo ternyata hotel-hotel yang tersebar di Indonesia dikelola oleh satu hotel operator, seperti The Azana Hotels & Resorts misalnya. Hotel operator itu sendiri adalah suatu perusahaan yang mengoperasikan manajemen hotel terhadap beberapa brand hotel-hotel. Jadi, hotel operator merupakan pihak ketiga yang bertanggung jawab terhadap hal-hal operasional dan manajemen agar hotel di bawah naungannya dapat memberikan layanan terbaik dan mendapatkan profit sesuai dengan kesepakatan antara hotel operator dan pemilik hotel tersebut.

Jenis-jenis Hotel Operator

Hotel operator itu sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, ada 3 (tiga) jenis hotel operator yang harus Anda ketahui, antara lain:

1. Owner-Operators

Pada jenis pengoperasian ini, hotel operator hanya akan mengatur pada manajemen operasi harian, finansial, dan manajemen pembelian atau pengeluaran terhadap pemilik hotel. Untuk permasalahan pembagian tanggung jawab, baik operator maupun pemilik hotel sama-sama bertanggung jawab atas keberhasilan layanan yang diberikan karena nama hotel operator tergabung dengan afiliasi pemasaran.

2. Independent Hotel

Berbeda dengan jenis yang sebelumnya, independent hotel merupakan operator yang menjalankan suatu brand hotel atas nama brand hotel itu sendiri tanpa adanya sangkut paut dengan nama hotel operator tersebut. Jadi, hotel operator hanya bertindak sebagai pihak ketiga yang tidak tergabung dalam kegiatan pemasaran.

3. Brand Management Company

Untuk jenis operator yang ketiga ini, hotel operator mengatur bagian operasional dan manajemen sepenuhnya. Pengelolaan ini bertujuan untuk meningkatkan ekuitas brand hotel dalam jangka panjang sehingga kegiatan pemasaran hotel pun berhasil dalam menarik perhatian konsumen baru maupun konsumen lama.

Tantangan Industri Hotel Saat Pandemi

Saat menjalankan bisnis, konsistensi dalam mengoperasikan hotel dengan reputasi yang baik adalah yang terpenting. Seiring berjalannya waktu, akan ada beberapa faktor yang terduga, seperti perkembangan teknologi maupun yang tak terduga, seperti pandemi COVID-19 saat ini yang akan mempengaruhi bisnis perhotelan.

Kondisi pandemi COVID-19 saat ini misalnya, banyak bisnis perhotelan yang mengalami kerugian besar karena adanya pembatasan interaksi antar masyarakat. Oleh karena itu, hotel harus selalu berinovasi dalam menjaga reputasi hotel yang baik secara berkelanjutan. Kinerja operasional hotel yang baik secara berkelanjutan ini pun memiliki tujuan sebagai berikut:

  • Meningkatkan kinerja keuangan
  • Menjaga manajemen properti dan bisnis secara keseluruhan
  • Meningkatkan kepuasan konsumen
  • Menjaga nilai aset
  • Meningkatkan kualitas lingkungan kerja
  • Menjaga reputasi hotel

Jika hotel tidak dapat mempertahankan kinerja secara berkelanjutan, maka akan ada penurunan drastis dalam revenue atau bahkan tidak dapat bersaing kembali. Inovasi dan strategi marketing yang baik itulah yang dapat meningkatkan kembali bisnis perhotelan Anda saat menghadapi persaingan di sektor pariwisata.

The Azana Success Story Sebagai Hotel Operator di Indonesia

Berawal dari tahun 2007, The Azana Hotels & Resorts beroperasi bukan hanya sekedar hotel operator biasa tapi juga manajemen yang menawarkan berbagai layanan dan strategi untuk meningkatkan nilai dari suatu brand secara maksimal. Operator Hotel yang biasa disebut dengan “The Azana Hotels & Resorts” adalah perusahaan jasa layanan pengelolaan hotel yang berada di Solo. Sejak awal berdiri Azana telah memastikan untuk membangun tim yang dinamis, inovatif, dan kreatif agar dalam mencakup semua target pasar dari berbagai brand.

Saat ini Azana sudah berhasil mengelola 7 brand dari berbagai segmen pasar, mulai dari pasar backpacker dengan budget ekonomis, liburan keluarga, sampai dengan liburan mewah ala traveler dan jumlah brand tersebut akan terus berkembang. Tujuan The Azana Hotels & Resorts bukan hanya menawarkan pengalaman penginapan yang mengesankan tapi juga mempermudah wisatawan dalam melakukan perjalanan.

Oleh karena itu, tidak sedikit pula hotel yang dikelola menyediakan ruang rapat ataupun ballroom untuk memudahkan perjalanan bisnis pengunjungnya.

Sejak awal berdiri, visi dan misi The Azana Hotels & Resorts tidak pernah berubah bahkan hal inilah yang membuat The Azana Hotels & Resorts terus mengembangkan sayaonya di seluruh wilayah Indonesia.

Visi – Menjadi Solusi Perhotelan Yang Menyenangkan

Menjadi nomor satu dalam bisnis perhotelan dengan layanan yang mulia dan berkarakter untuk menyebarkan kebahagiaan ke semua rekan kerja The Azana Hotels & Resorts.

Misi Selalu Belajar – Berkembang – Berbagi Kebahagiaan Yang WOW!

  1. Teman liburan yang pintar dan menyenangkan
  2. Menjadi bisnis perhotelan yang berintegrasi
  3. Menjadi rekan kerja yang terpercaya

Memang, dalam menjalankan bisnisnya Azana juga mendirikan hotel sendiri yang bernama The Azana Hotel. Tapi dengan kesuksesan The Azana Hotel inilah yang menjadi bukti bahwa The Azana Hotels & Resorts mempunyai kemampuan manajemen yang baik. Keinginannya untuk selalu berinovasi juga terbukti dengan selalu menerima kesempatan untuk bermitra dengan brand lain.

Azana percaya dengan adanya investor, visi misi di atas akan terlaksana lebih cepat dan lebih baik. Salah satu contohnya, saat The Azana Hotels & Resorts memutuskan untuk bekerja sama dengan Front One Hotel yang menawarkan banyak konsep pilihan untuk konsumen. Konsep Front One Hotel itu sendiri terbagi menjadi 7 jenis, yaitu Front One Premier, Front One Resort, Front One Boutique, Front One Budget, Front One Cabin Hotel, Front One Inn, dan Front One Cabin. Hanya dari satu brand hotel saja, konsumen sudah dapat memilih tempat penginapan dengan budget ekonomis (Front One Budget) atau tempat penginapan dengan ukuran yang lebih luas (Front One Resorts).

BACA JUGA:

Jaringan Hotel Operator Azana di Indonesia

Saat ini The Azana Hotels & Resorts sudah menaungi 6 jaringan hotel di bawahnya dengan menawarkan berbagai layanan dan strategi untuk meningkatkan potensial brand yang ada. Berikut 6 (enam) hotel yang dikelola oleh Azana, antara lain:

1. Braling Hotel

manajemen hotel di indonesia
Hotel Braling, Purbalingga

Hotel dengan klasifikasi bintang 4 ini menawarkan fasilitas yang beragam. Mulai dari berbagai ukuran kamar sampai dengan kolam renang di luar ruangan yang berbeda dari hotel-hotel lainnya. Di Braling, Anda dapat berenang dengan pemandangan Gunung Slamet dan perkotaan karena letaknya yang berada di lantai 4. Cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan suasana baru untuk melepas penat kesibukan kota.

2. De Laxston Hotel

Hotel Operator di Indonesia de laxston, jogjakarta
Hotel de laxston, jogjakarta

Buat Anda yang sedang berliburan di Yogyakarta, bisa menginap di De Laxton Hotel ini. Selain mendapatkan internet gratis, Anda juga bisa menghemat biaya karena ada airport shuttle yang langsung menuju ke hotel. Hotel ini memang didirikan khusus untuk Anda yang sedang berwisata maupun perjalanan dinas, dibuktikan dengan adanya kemudahan-kemudahan, seperti airport shuttle, laundry, dan hot tub atau spa, yang bisa melepaskan rasa lelah Anda.

3. Grand Amira Hotel

Hotel Managed by Azana
Grand Amira Hotel by Azana

The Azana Hotels & Resorts memang senang berinovasi dengan hal-hal baru. Seperti kerjasama dengan hotel unik yang satu ini, Grand Amira Hotel. Dengan tagline-nya yang berbunyi ‘The Best Sharia Hotel in Town’, hotel yang terletak di Kota Surakarta, Jawa Tengah ini menawarkan suasana unik seperti sedang menginap di timur tengah. Tarif menginap per malam pun relatif murah. Mulai dari Rp 250.000 Anda bisa mendapatkan fasilitas terbaik dan kamar yang nyaman.

4. The Cube Hotel

The Cube Hotel, Jogjakarta
The Cube Hotel, Jogjakarta

Saat berliburan tentu yang Anda cari adalah tempat wisata yang menarik, tapi jika tempat penginapan jauh dari tempat wisata pasti akan terasa melelahkan dan akan mengeluarkan  biaya transport yang besar. Tapi jangan khawatir, The Cube Hotel memiliki tempat yang strategis, dekat dengan area wisata di Yogyakarta. Selain itu, dekat pula dengan stasiun kereta api dan terminal bus buat Anda yang ingin bertransportasi lewat jalur darat.

5. Viva Hotel

Hotel Operator di Indonesia Viva Hotel, Kediri
Viva Hotel, Kediri

Hotel unik lainnya yang dikelola oleh Azana adalah Viva Hotel yang terletak di Kediri. Hotel yang bernuansa dengan aksen warna ungu pink ini, cocok untuk Anda yang ingin berlibur dengan keluarga. Selain itu, hotel ini juga cocok untuk Anda yang sedang dalam perjalanan bisnis. Karena salah satu fasilitas di hotel ini menyediakan meeting room dengan kapasitas cukup besar, yaitu 180 orang.

6. Facade Boutique Hotel

Facade Boutique Hotel, Tawangmangu
Facade Boutique Hotel, Tawangmangu

Buat Anda yang ingin menikmati keindahan alam di Tawangmangu, Anda bisa menginap di Facade Hotel. Beragam fasilitas mulai dari beragam pilihan kamar, fasilitas spa, restoran, sampai meeting room pun disediakan. Cocok buat Anda yang ingin liburan sambil menikmati suasana taman Balekambang Tawangmangu.

Semua brand yang dikelola The Azana Hotels & Resorts tersebar ke beberapa kota di Indonesia. Sehingga, ada banyak pilihan buat Anda yang ingin liburan tapi kesulitan saat memilih tempat penginapan terbaik. Anda bisa bebas memilih hotel dengan beragam konsep mulai dari nuansa alam sampai dengan suasana luxury. Anda dapat melakukan booking secara langsung melalui link “Booking Hotel” ini. Bersama The Azana Hotels & Resort, Anda dapat merasakan pengalaman yang tak terlupakan.

Latest Posts